12May2021

banner2
top banner

Panen Kedua Inpari 36 Lanrang di Kulawi Selatan yang Meningkat

Kecamatan Kulawi Selatan merupakan kecamatan yang berada di kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Kecamatan ini merupakan daerah endemis tungro. Pada akhir 2019, Lolittungro pernah mensosialisasikan terkait penyakit tungro dan upaya pencegahan dengan menggunakan varietas tahan. Pada saat itu diberikan bantuan varietas tahan tungro Inpari 36 Lanrang.

Panen perdana demplot inpari 36 Lanrang pun telah dilakukan pada Maret 2020, saat itu didapatkan potensi hasil 7.8 ton/ ha. Sejak saat itu, petani menjadi tertarik untuk ikut menanam varietas tersebut. Perlu diketahui bahwa banyak terjadi gagal panen didaerah tersebut akibat penyakit tungro ini.

Pada Senin (23/11/2020) dilakukan panen untuk varietas tahan tungro ini di kelompok tani Karya. Potensi hasil yang didapatkan, meningkat sekitar 0.7 ton/ ha, menjadi 8.5 ton/ ha. Alfonso selaku PPL di kecamatan Kulawi Selatan, menyampaikan bahwa inpari 36 Lanrang menjadi idola baru petani karena pertanaman padi sampai panen dan hasil cukup tinggi.   Kepala Loka Penelitian Penyakit Tungro, Dr. Fausiah T. Ladja berharap varietas ini dapat ditanam di seluruh wilayah Kulawi pada musim depan, sehingga Kulawi dapat terbebas dari penyakit tungro.