21November2018

banner4
banner2
banner3
Banner Slider

Kebun Percobaan


Lolittungro yang berdiri sejak tahun  pada tahu 2002 mempunyai mandat  untuk melaksanakan penelitian sistem pengendalian penyakit tungro di Indonesia, dengan misi menghasilkan, mengembangkan dan mendiseminasikan iptek pengendalian penyakit tungro yang strategis dan unggul, bernilai tambah, efisien, dan kompetitif. Untuk mencapai hal tersebut operasonal Lolittungro harus didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, termasuk Kebun Percobaanya.

Selain itu dalam mendukung fungsinya sebagai Kebun dibawah naungan Badan Litbang Pertanain, KP Lanrang memproduksi benih tahan tungro yang dikelola oleh UPBS Lolittungro.

Kebun Percobaan lanrang memiliki luas lahan sekitar 43 ha, sebagian besar areal lahan merupakan lahan tadah hujan, dengan kondisi tersebut pertanaman padi ditanam menyesuaikan dengan musim.  Musim tanam pertama dilaksankan sekitar bulan November/Desember sedangkan Musim tanam II dimulai bulan April. 

Pengelolaan KP Lanrang dilaksanakan oleh Kepala Kebun yang bertanggung jawab kepada Kepala Loka Penelitian Penyakit Tungro. Dalam operasional sehari-hari, kepala kebun dibantu oleh Teknisi dan Pekarya Kebun dalam melaksanakan oprasional kebun percobaan.