04June2020

banner5
banner6
banner2
banner7
banner3
banner4
Banner Slider

Lolittungro Hadiri Kegiatan Sosialisasi Minapadi Di Kabupaten Bone

Sistim budidaya Minapadi saat ini menjadi salah satu alternati budidaya pertanian dengan kombinasi perikanan air darat yang telah banyak dilaksanakan oleh petani di Indonesia. Melalui kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sejak tiga tahun yang lalu, Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bone melaksanakan kegiatan Minapadi di areal binaanya, Kabupaten Bone.

Pada tahun 2020, Dinas KP Kabupaten Bone, direncanakan melaksanakan kegiatan lanjutan tepatnya di Kecamatan Lamuru, Desa Mamminamasae, dimana pada hari Senin yang lalau (11/11) dilaksanakan Sosialisasi kegiatan Minapadi dengan sistim surjan di Desa Mamminamasae. Dalam kesempatan tersebut, Lolittungro diwakili oleh peneliti Achmad Gunawan,  bersama UPT lain diantaranya Balitserealia diundang sebagai narasumber yang diwakili oleh Ir. Bachtiar.

Kegiatan sosialisasi Minapadi yang rencananya akan dilaksankan beberapa unit pengembangan di Kecamatan Lamuru, dengan hadirnya narsumber dari Lolittungro dan Balitserealia diharapkan dapat memberikan masukan perihal input teknologi Badan Litbang pada kegiatan Minapadi.  Lolittungro yang diwakili Penelitinya dalam kesempatan tersebut merekomendasikan penggunaan varietas tahan tungro (TARO) Inpari 36 Lanrang dan Inpari 37 Lanrang untuk digunakan dalam kegiatan Minapadi. Kondisi air yang terjaga dalam sisitm budidaya padi Minapadi menjadikan pertanaman padi dapat tumbuh dengan baik. Penggunaan varietas taro di lahan budidaya minapadi merupakan hal yang baru, dan memerlukan kajian lebih lanjut, namun tidak ada salahnya apabila hal ini diujicobakan.

Dalam kesempatan trearbut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bone Ir. Wahida, M.Si dalam sambutannya menutup kegiatan sosialisasi Budidaya Minapadi mengharapkan kerjasama dari Instansi Lolittungro dalam hal penyediaan benih padi dalam kegiatan tersebut. Hal ini ditanggapi oleh Gunawan selaku perwakilan Lolittungro agar dapat mengajukan permohonan benih secara resmi untuk rencana tindaklanjutnya.