21November2019

banner7
banner6
banner2
banner3
banner5
Banner Slider
banner4

Kunjungan Poktan Asal Pinrang ke Lolittungro

Disela kegiatan panen padi MT. II 2019, spada hari Kamis (12/09) sebanyak 29 petani dari Kabupaten Pinrang melaksanakan kunjungan ke Lolittungro. Didampingi penyuluh lapang kegiatan kunjungan merupakan agenda rutin sebagai upaya menambah referensi informasi perihal pertanaman baru yang ditanam.

Para Petani merupakan petani yang berasal dari Desa Bunga Kecamatan Matirobullu, Pinrang. Kedatangan para petani yang sebagian besar milenial tersebut merupakan agenda pemerintah desa dalam upaya pemberdayaan petani di desa Bunga ungkap Zainuddin, Kepala desa Bunga yang turut serta mendampingi petaninya. Selain para petani, rombongan juga didampingi oleh penyuluh lapang Kecamatan Mattirobulu.

Rombongan petani diterima oleh Koordinator Jasa Penelitian Ani Mugiasih, SP serta peneliti lain. Dalam kesempatan tersebut diberikan materi kepad pengunjung berupa pengenalan penyakit tungro dan produksi benih sumber oleh peneliti Achmad Gunawan serta dilanjutkan dengan kunjungan lapang dan lokasi rumah kaca.

Dalam kesempatan kunjungan lapang, dikarenakan di lokasi kebun IP2TP Lolittungro sedang dilakukan kegiatan panen, para pengunjung hanya dapat mengunjungi lokasi visitor varietas unggul baru (VUB) Badan Litbang yang masih tersedia.

Kunjungan ini dijadikan oleh sebagain besar petani yang sebelumnya merupakan pelanggan UPBS Lolittungro untuk melakulan Pre Order benih yang saat ini sedang dalam tahap pengolahan benih. Inpari 36 Lanrang dan Inpari 9 elo merupakan dua VUB yang mereka pesan untuk pertanaman musim depan, dikarenakan saat ini pertanaman di lokasi desa Bunga masuk pada stadia pengisian biji ungkap Rahmat Petugas pendamping yang biasa datang ke UPBS Lolittungro untuk mengkoordinir petaninya memesan benih.