19September2019

banner3
banner2
Banner Slider
banner6
banner7
banner5
banner4

Kunjungan Anggota DPRD Sidrap ke Lolittungro

Loka Penelitian Penyakit Tungro pada hari Selasa, 09 Juli 2019 mendapat kunjungan dari anggota dewan Kabupaten Sidrap. Para anggota dewan diterima di Ruang kepala Loka oleh para peneliti dan staff.

Sebanyak sembilan orang anggota dewan yang berasal dari daerah pemilihan 4 yang meliputi Kecamatan Baranti, Kulo dan Panca Rijang merupakan anggota dewan terpilih periode 2014-2019 merupakan kunjungan pertama kali yang dilaksanakan ke kantor Lolittungro. Kunjungan dipimpin oleh ketua DRPD Bp. Zulkifli Zain mermaksud untuk mengetahui lebih jauh institusi Kementerian Pertanain yang ada di daerahnya serta mendiskusikan peluang pelaksanaan kerjasama dengan pemerintah daerah.

Hadir pula perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Sidrap mendampingi kunjungan yaitu Kepala Bidang Tanaman Pangan  Ir. Nurlailah Tuwo, M.Si.

Kegiatan produksi benih untuk memenuhi kebutuhan benih di Kabupaten Sidrap menjadi salah satu bahasan dalam Kunjungan tersebut. Peneliti yang mendampingi menjelaskan bahwasanya Lolittungro selaku UPT Kementerian Pertanian melalui Unit Pengelola Benih Sumber memproduksi benih tahan tungro sejak tahun 2011 yaitu Inpari 7 Lanrang, Inpari 8, Inpari 9 Elo, serta Inpari 36 Lanrang dan Inpari 37 Lanrang, namun sejak satu tahun terakhir fokus produksi tidak hanya benih tahan tungro, namun juga Varietas unggul baru milik Badan Litbang diantarnaya Inpari 42, Inpari 43, Inpari 32 serta VUB lainnya.

Hasil kunjungan ini selanjutnya akan dibawa untuk dibahas bersama di Komisi II selaku komisi yang menangani bidang pertanian serta menindaklanjuti melalui dinas terkait untuk pelaksanaan teknis di lapangan. Kunjungan kerja ini merupakan tindak lanjut dari koordinasi Lolittungro dengan pemerintah daerah beberapa waktu lalu.