21October2019

banner6
banner2
banner7
banner3
banner4
Banner Slider
banner5

Pemanfaatan Lahan untuk Program Obor Pangan Lestari di Lolittungro tahun 2019

Obor pangan lestari atau dapat disingkat OPAL merupakan program Kementerian Pertanian untuk memanfaatkan lahan-lahan pekarangan kantor yang tidak terpakai untuk penanaman tanaman sayur dan buah semusim. Pelaksanaan kegiatan yang sifatnya nasional bertujuan sebagai penyediaan pangan dan sebagai percontohan untuk masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan. Program ini akan digalakkan diseluruh kantor lingkup Kementerian Pertanian dan Dinas Lingkup Pertanian. Lolittungro sebagai satuan kerja di bawah Badan Litbang Pertanian pun melaksanakan program ini.

Lahan pekarangan belakang kantor disulap menjadi lahan pertanaman palawija. Tanaman yang dibudidayakan diantaranya, kacang panjang, timun, cabe merah, cabe rawit, kacang tanah, tomat, lettuce, kangkung, paria, labu madu, dan oyong. Program pembibitan ini dimulai dari bulan Februari/Maret 2019.

Kegiatan ini-pun sudah membuahkan hasil pada panen pertama dibulan April yang lalu. Komoditi yang dipanen adalah timun lalu menyusul kacang panjang. Hasil dari kegiatan OPAL ini sudah dimanfaatkan diantaranya unutk pemberdayaan pegawai. Kedepannya semoga pertanaman OPAL dapat berkelanjutan untuk dimanfaatkan lebih meluas yang berdampak kepada masyarakat sekitar.