25August2019

top banne

Evaluasi Proposal Kegiatan Tahun 2020

Hari pertama bulan ramadhan, berlokasi di Aula Loka Penelitian Penyakit Tungro pada Senin 06/05 dilaksanakan kegiatan evaluasi proposal tahun 2020 Loka Penelitian Penyakit Tungro. Kegiatan evaluasi proposal merupakan kegiatan rutin perencanaan suatu instansi penelitian dimana direncanakan kegiatan penelitian setahun sebelumnya.

Untuk mematangkan Kegiatan penelitian pada suatu instansi tidak dilepaskan dari perencanaan yang baik berupa tahapan persiapan penelitian itu sendiri. Kegiatan penelitian tahun 2020 yang akan datang, persiapan penelitain berupa evaluasi proposal kegiatan telah dilakukan tahun sebelumnya, seperti halnya yang dilakukan oleh Lolittungro, dengan mengadirkan para evaluator yang kompeten dengan topik masalah penelitian penyakit tungro tahun ini.

Bertindak sebagai evaluator proposal di Lolittungro ini yaitu Prof. Dr. Nyoman Widiarta, M.Agr, Kepala Bidang Program dan Evaluasi Puslitabang Tanaman Dr. AM. Adnan, MP dan kepala Seksi Program Puslitbang Tanaman Pangan Asrul Koes, SP, M.Si.

Ketiga narasumber mengkonfirmasi beberapa perbaikan yang telah dilakukan oleh penanggung jawab RPTP/RDHP yang sebelumnya melalui aplikasi i-program. Pelaksanaan evaluasi proposal melalui apliaksi i-program telah dilaksanakan Badan Litbang Pertanian beberpa tahun terakhir untuk memudahkan serta mengefektifkan pelaksanan evaluasi proposal kegiatan agar lebih akuntabel.

Dari hasil evaluasi yang telah dilaksanakn diharapkan dapat memberikan masukan untuk kegiatan penelitan yang telah disusun oleh tim peneliti Lolittungro sehingga menghasilkan penelitian yang kompeten sesuai dengan tujuan pembentukan Lolittungro itu sendiri.

Pada tahun 2020 sebagaimana merupakan tahun awal renstra yang akan disusun lima tahun mendatang, Lolittungro melaksankana kegiatan penelitian berupa tiga Rencana Kegiatan Tim Peneliti yang terdiri atas beberapa Rancangan Operasonal Penelitian Pertanian. Serta dua Rencana Diseminasi Hasil Penelitain. Diharapkan kegiatanevaluasi proposal kegiatan ini diperoleh peneitian yang berkualitas.