24October2018

banner2
Banner Slider
banner4
banner3

Sambut Musim Tanam Kedua Tahun 2018 Dengan Bersama-Sama Basmi Tikus

Musim tanam ke-II tahun 2018 yang direncanakan  “turun sawah” pada awal bulan Mei. Sebelumnya, untuk mengantisipasi serangan tikus di pertanaman pada hari Senin (16/04) dilaksanakan kegiatan pemberantasan hama tikus di lokasi pertanaman KP. Lanrang.

Kegiatan pemberantasan tikus atau biasa  dikenal dengan “gropyokan” merupakan salah satu butir kesepakatan bersama sebelum melaksanakan kegiatan pertanaman.

Kegiatan dilakukan dengan melibatkan anggota Babinsa, para penyuluh/PPL Kecamatan Timoreng Panua.  Dengan memanfaatkan alat emposan, diperoleh tidak kurang dari 250an ekor tikus yang berhasil dibasmi.Selain itu alat tangkap manual dipersiapkan untuk membasmi tikus.

Gropyokan tikus merupakan kegiatan yang penting dilakukan untuk meminimalisir serangan tikus di pertanaman nanti.

Tikus sawah merupakan salah satu hama yang menyerang tanaman padi yang dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi pertanaman padi. Adanya serangan hama tikus di pertanaman padi dapat disebkan karena tidak adanya antisipasi serangan tikus.  Pengendalian tikus secara serentak bersama-sama dapat menekan kerugian akibat serangan hama tikus.

Dengan adanya pelaksanaan pengendalian hama tikus ini diharapkan menekan populasi tikus musim tanam selanjutnya. Dikethui bahwasanya perkebangan tikus sangat cepat, tikus siap kawin setelah berusia 35 hari dengan masa bunting 21 hari dan akan kawin lagi 2 hari setelah melahirkan, dengan kemampuan melahirkan sampai 12 ekor lebih. Dengan adanya kegiatan pemberantasan tikus diharapkan populasi tikus dapat ditekan sehingga tidak merugikan pertanaman.