19August2018

banner2
banner3
Banner Slider
banner4

Kunjungan Lapang Mahasiswa Unhas ke Lolittungro

Mingu pertama bulan April, tepatnya pada hari Sabut dan Minggu, 07-08 April 2018. Loka Peneitian Penyakit Tungro  kedatangan tamu  yaitu sejumlah 200 mahasiwa dari Universitas Hasanuddin, Makassar. Kegiatan kunjungan lapang yang dilaksanakan selama dua hari ini merupakan salah satu kegiatan dari Mata Kuliah Hama dan Penyakit Tanaman.  Rombongan mahasiwa yang datang merupakan Mahasiwa Jurusan Agroteknologi angkatan 2016.

Rombongan yang didampingi oleh dosen dari mata kuliah Hama Penyakit Bp. Asman, SP., MP. Bersama Rombongan hadir pula Dosen senior Fakultas Pertanian Unhas,  Prof.Dr.Ir. UntungSurapati, M.Sc.

Tujuan dari dilaksanakan kegiatan ini yaitu pengenalan Hama dan Penyakit Tanaman padi, yaitu tungro. Loka Tunro menyambut baik kedatangan rombongan mahasiswa yang diutarakan oleh Kepala Lolittungro Dr. Fausiah dalam sambutannya di Aula Lolittungro. Beliau bercerita bahwasanya dahulu pada waktu kuliah di Unhas, beliau pernah melakukan kunjungan yang sama di lokasi yang sama. Diketahui bahwasanya Universitas Hasanuddin merupakan Almamater Kepala Lolittungro saat ini, menjadi kebanggan tersendiri baginya dikunjungi oleh Almamaternya, ungkapnya.

Dalam sambutannya Prof Untung menerangakan kepada Mahasiwa harus bangga datang, karena ini adalah institusi yang menangani tungro di wilayah Indonesia. Dalam satu kesempatan, Asman selaku dosen pendamping sekaligus ketua rombongan menyatakan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atasa penerimaan yang diberikan pihak Lolittungro, walaupun dalam suasana libur akhir pekan dapat menyambut dengan hangat kunjungan ini, ungkap Asman dalam kesempatan sambutannya.

Kegiatan dilaksankan di dalam ruangan dan di lapangan. Beberapa materi perkenalan penyakit tungro dilakukan di dalam ruangan Aula, diantarnaya pengenalan profil Lolittungro dan pengenalan dasar penyakit tungro yang dibawakan oleh peneliti lolittungro.

Dikarenakan kondisi pertanamna di KP. Lolittungro saat ini sudah panen, para mahasiswa hanya diperkenalkan kepada beberapa penelitian yang masih berlangsung di lapangan, selain itu kegiatan pengenalan Hama Penyakit penyebab Tungro selain dilakukan di dalam ruangan, juga diperlihatkan koleksi sumber inokulum dan koloni wereng hijau yang ada di Green House. Dikarenakan  kapasitas ruangan green house tidak mencukupi menampung mahasiwa yang datang, akhirnya secara bergiliran per kelompok masuk untuk menerima penjelasan.

Dalam kesempatan di Lapangan dijelaskan beberapa penelitian yang sedang dilakukan di KP. Lolittungro diantaranya Penelitain tanaman berbunga yang dijelaskan peneliti Lolittungro Wasis Senoaji. Selain itu kegiatan lain yang masih berlangsung yaitu Screening penyakit tungro dan pertanaman bulanan. Selain menjelaskan kegiatan penelitian yang sedang dilaksanakaan, dilakukan pula praktek pengamatan serangga dan teknis penangkapaan serangga di lapangan menggunakan  swept net.  Keesokan harinya para mahasiwa masih beraktifitas di lapangan mengambil sampel serangga/hama untuk dijadikan bahan koleksi/diskusi di kelas.

Kegiatan kunjungan lapang merupakan salah satu media diseminasi teknologi yang dimiliki Badan Litbang Pertanian, Kebun Percobaan selaku Show window teknologi yang dimiliki Badan Litbang memiliki peran yang strategis pengenalan kepada pengunjung.