25February2018

banner3
Banner Slider
banner4
banner2

Kegiatan Gropyokan Hama Tikus awali kegiatan Musim Tanam di KP. Lolittungro

Menghadapi Musim Tanam 2007/2018 Loka Penelitian Penyakit Tungro (Lolittungro) melaksanakan kegiatan gropyokan hama timus, kegiatan ini menjadi rutin dilaksanakan setiap mengawali musim tanam padi mengingat keberadaan hama tikus sangat merugikan pertanaman padi.

Pertanmaan MT I 2017/2018 rencananya dilaksankan pada bulan Desember 2017.  Sebelum turun sawah hal yang menjadi keharusan pengarap di KP. Lanrang adalah melaksanakan pengendalian  hama tikus secara dini yang dilaksankaan pada minggu ke dua bula November. Kegiatan yang dilaksanakan melibatkan penggarap di lingkungan KP. Lanrang dilakanakan cukup meriah dengan hadirnya hampir seluruh penggarap. Tidak ketinggalan pula Peneliti Lolittungro mendampingi kegiatan pengendalian tikus di KP. Lanrang.

Kegiatan gropyokan memanfaatkan alat emposan, diperoleh tidak kurang dari 400 ekor tikus yang berhasil dibasmi. Kegiatan pengenalian tikus dilaksankana selama satu pekan penuh melibatkan aparat terkait di lingkungan Kecamatan Panca Rijang yaitu Babinsa dan Penyuluh dari BPP Pancarijang

Tikus sawah merupakan salah satu hama yang menyerang tanaman padi yang dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi pertanaman padi. Adanya serangan hama tikus di pertanaman padi dapat disebkan karena tidak adanya antisipasi serangan tikus.  Pengendalian tikus secara serentak bersama-sama dapat menekan kerugian akibat serangan hama tikus.