25February2018

Banner Slider
banner3
banner2
banner4

Balitbangtan Produksi Benih Taro 36 37 di UBPS Lolittungro

Kementerian Pertanian terus berupaya meningkatkan produksi tanaman pangan khususnya padi sebagai upaya mendukung swasembada beras di Indonesia, pada tahun 2017 Kementerian pertanian menargetkan swasembadah beras berkelanjutan.   Menyambut tahun 2018 yang dicanangkan sebagai tahun perbenihan,  Badan Litbang Pertanian memposisikan tidak hanya mendukung program kementerian teknis dalam mensukseskan program Kementerian Pertanian, namun bersama-sama Direktorat Jenderal teknis dibawah Kementan melaksanakan kegiatan kementerian salah satu diantaranya produksi benih.

Salah satu tusi Badan Litbang pertanian yaitu mengembangkan inovasi teknologi serta teknologi pendukung lainnya. Dalam mendukung program pemerintah, Badan Litbang Pertanian tidak hanya menghasilkan varietas unggul yang saat ini banyak dilepas untuk padi Irigasi dengan nama Inbrida padi irigasi disingkat Inpari, Inbrida Padi lahan rawa (Inpara) dan Padi Inbrida Padi Gogo disingkat Inpago yang saat ini telah dikenal masyarakat. Dalam mensukseskan program kementerian pertanian, Balitbangtan juga tidak hanya menghasilkan VUB itu sendiri, sebagai bahan diseminasi namun juga memproduksi VUB melalui Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) yang dimilikinya.

Loka Penelitian Penyakit Tungro (Lolittungro) merupakan salah satu Unit Kerja Balitbangtan yang memiliki mandat memproduksi VUB tahan tungro melalui UPBS Lolittungro yang berlokasi di Sidrap Sulawesi Selatan.

Tahun 2017 sebanyak 30 ton VUB tahan tungro balitbangtan diprosuksi di UPBS Lolittungro Inpari 7, Inpari 8, Inpari 9 serta VUB terbaru Tahan tungro Balitbangtan Inpari 36 dan Inpari 36 Lanrang yang dikenal sebagai Taro 36 37.  Benih padi tahan tungro yang dihasilkan UPBS Lolittungro sampai dengan saat ini telah terdistribusi ke beberapa daerah di Sulawesi Selatan dan daerah lainnya diantaranya, Sidrap, Pinrang, Wajo, Soppeng, Bone,  Polman, bahkan hampir ke seluruh wilayah indoensia melalui kegiatan Diseminasi maupun melalui pembelian secara online.

UPBS Lolittungro sendir berlokasi di Jl. Bulo No. 101 Lanrang, Sidrap. UPBS Lolittungro melayani kegiatan penjualan Benih Sumber kelas Benih Pokok (SS) dan Benih Dasar (FS).