21October2018

banner2
banner4
banner3
Banner Slider

Serah Terima Jabatan Kepala Loka Penelitian Penyakit Tungro

Seiring bergantinya waktu, suksesi kepemimpinan adalah sesuatu yang alami dalam suatu organisasi. Demikian halnya yang terjadi di Loka Penelitian Penyakit Tungro (Lolittungro), kepemimpinan yang sudah berjalan lebih dari lima tahun dibawah komando Dr. Ahmad Muliadi, MP, pada tanggal 23 Agustus 2017 berganti pimpinan yang baru kepada Dr. Fausiah T. Ladja, SP., M.Si. 

Serah terima Jabatan Kepala Loka Penelitian Penyakit Tungro diadakan di Aula Loka Penelitian Penyakit Tungro, disaksikan oleh Kepala Puslitbang Tanaman Pangan, Dr. Andriko Noto Susanto, SP., MP, serta Kabag Kepegawaian Puslitbang Tanaman Pangan Bapak Ir. Narta, MS. Selain itu acara sertijab juga dihadiri oleh tamu undangan dari beberapa instansi terkait, serta para mantan pimpinan Instalasi percobaan/Loka Penelitian Tungro terdahulu serta para Purna Bhakti. salah satu sesepuh Lolittungro yang hadir yaitu Bapak Prof.Dr Andi Hasanuddin, yang merupakan salah satu inisiator terbentuknya loka ini.

Dalam sambutannya Kapuslitbang Tanaman Pangan, Bp. Andriko mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Dr. Muliadi selama hampir lima tahun lebih memimpin Lolittungro, beliau juga berterimakasih atas sumbangsih beliau selama ini dalam menghasilkan varietas tahan tungro.Pada tahun 2015, Lolit Tungro merilis varietas Inpari 36 Lanrang dan Inpari 37 Lanrang, serta sebelumnya, tahun 2007 Inpari 7 Lanrang, Inpari 8 dan dan Inpari 9 Elo.

Disampaikan pula dalam akhir sambutannya kepada seluruh pegawai Lolittungro dibawah kepemimpinan yang baru untuk selalu kompak dan solid. Bersama menjadikan Lolittungro sebagai panggung bersama untuk mewujudkan kedaulatan pangan serta kesejahteraan petani,menyongsong tahun 2018 yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian sebagai tahun benih.

Fausiah T. Ladja, lahir di Sengkang 38 tahun yang lalu, walaupun masih berusia muda beliau diamanahi tugas melanjutkan tongkat estafet dari pejabat sebelumnya sebagai Kepala Loka Penelitian Penyakit Tungro, yang dilantik pada 14 Agustus yang lalu di Puslitbang perkebunan Bogor. Fausiah T. Ladja bukanlah orang baru di Lolittungro, beliau sempat menghabiskan masa kecilnya di lingkungan Lolittungro karena orang tua beliau pernah menjabat kepala Kebun Percobaan Lanrang sebelum berubah menjadi Loka Penelitian Penyakit Tungro saat ini.  Sebelum menjadi kepala Loka beliau merupakan peneliti di Lingkungan Lolittungro.

Beliau  mendapatkan gelar S1 di bidang hama dan penyakit tanaman pada tahun 2002 di Universitas Hasanuddin Makassar, master  (S2) di bidang Entomologi pada tahun 2009 pada Institut Pertanian Bogor (IPB), dan gelar doktoral (S3) di Bidang Fitopatologi Pada Tahun 2017 dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Tahun 2005, Menikah dengan Andi Faisal, SP yang juga berprofesi sebagai Peneliti di BPTP Sulsel. Saat ini telah dikaruniai dua orang putra dan satu orang putri yaitu AndiMuhammad Fauzan Faiz (10 tahun), Andi insyirah Meutia Faiz (9 tahun) dan Andi Muhammad Faeyza Faiz yang masih berumur 5 tahun. (AG)