24January2018

banner4
banner2
banner3
Banner Slider

Memasuki Fase Generatif Tanaman, Sekolah Lapang Difokuskan Di Lapangan

         Bertempat di lapangan Kebun Percobaan Lanrang, hari Kamis, 27 Juli 2018 menjadi waktu yang tepat bagi pelaksanaan Sekolah Lapang di Lolittungro. Menginjak pertemuan yang ketiga fokus kegiatan dilaksanakan di lapangan.

    Dalam sasana yang dingin, karena sehari sebelumnya diguyur hujan tidak menyurutkan niat para penggarap untuk hadir mengikuti acara sekolah lapang yang dilaksanakan bekerja sama dengan PT. Syngenta.

       Kegiatan di lapangan dipandu oleh Bp. Mansur dari Lolittungro sebagai pembuka dimulainya acara Sekolah Lapang, dilanjutkan kegiatan Sekolah Lapang oleh Tim dari Syngenta.  Dalam kesempatan ini tim dari PT. Syngenta yang diwakili oleh Bp. Anshar memandu kegiatan peserta melalui praktek pengenalan hama penyakit yang menyerang tanaman padi. Fokus kegiatan pada sekolah lapang kali ini yaitu pada diskusi serta praktek pengenalan hama penyakit serta serangannya.

      Peserta yang dibagi kedalam berapa kelompok diminta unutk mencari tanaman padi yang memeperlihatkan gejala serangan OPT.  Dari kegiatan ini beberapa petani penggarap dapat membawa tanaman yang terserang opt serta menjelasakan seranganya yang terjadi diakibatkan oleh OPT apa. Secara umum peserta memahami jenis-jenis opt dilihat dari serangannya pada tanaman padi.

    Kegiatan sekolah lapang kali ini menyesuaikan dengan fase tanaman, kegiatan sekolah lapang dilakukan kali ini memasuki fase generatif, dimana merupakan bagian yang sangat penting bagi tanaman padi sehingga pengamatan  OPT penting pada fase ini.

     Kegiatan monitoring pertanaman dilakukan sebagai bentuk anstisipasi serangan hama sejak dini, apabila ditemukan serangn sehingga antisipasi untuk menanggulanig serangan dapat segera dilasanakan. Kegiatan aplikasi pestisida dilakukan secara bijaksana memperhatikan kondisi tanaman. Penggunaan insektisida merupakan alternatif terakhir dalam penanggulangan hama penyakit tanaman, kegiatan ini dilaksankana apabila nilai dampak serangan opt telah melebihi ambang batas ekonomi. (AG)