04June2020

banner6
banner5
banner2
banner7
banner3
Banner Slider
banner4

Corona Dan Panen Yang Tidak Bisa Ditunda Di IP2TP Lanrang

Ditengah mewabahnya pandemi virus Corona dimana saat ini telah sampai ke Kabupaten Sidrap dan terlaporkan beberapa orang tengah menjalani karantina demi mengantisipasi penyebaran virus yang akhir tahun lalu mulai muncul. Ditengah wabah, akhir bulan Maret-awal April ini kegiatan panen padi telah dimulai di kecamatan Pancarijang lokasi IP2TP Lanrang berlokasi.

Wabah corona telah membuat sebagian masyarakat kawatir akan dampaknya yang sampai menyebakan kematian, namun tuntutan pula yang menyebakan pegawai Lolittungro yang tergabung dalam panitia panen Musim Tanam I 2019/2020 tetap melaksanakan panen ditengah keputusan pimpinan untuk melaksanakan kegiatan pembatasan sosial dan pembatasan fisik guna mengantisipasi menyebarnya corona. Dengan tetap mengedepakan prinsip kehati-hatian serta sikap waspada kegiatan panen tetap dilaksanakan dengan mematuhi instruksi yang telah digariskan guna menghindari penyebaran corona.

Musim tanam ini Instalasi Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pertanain (IP2TP) lanrang selain melaksanakan fungsi penelitian serta show wondows teknologi Badan Litbang Pertanian, lokasi yang sama dilakukan pula produksi benih UPBS baik untuk diseminasi maupun penerimaan negaran bukan pajak (PNBP). Musim taham ini selain varietas tahan tungro (TARO) yaitu inpari 7 Lanrang, Inpari 8, Inpari 9 Elo dan Inpari 36 Lanrang dan Inpari 37 Lanrang, sejak dua musim yang lalu UPBS lolittungro juga memproduksi VUB baru Badan Litbang Pertanian yang banyak diadopsi petani diantaranya Inpari 32, Inpari 42 dan Inpari 43 serta VUB lainnya.

Sejak dua tahun lalu, UPBS Lolittungro mensikapi banyaknya permintaan petani akan VUB terbaru, ditambah dengan pesatnya informasi akan hadirnya varitas baru terutama melalui media sosial sehingga diputuskan memproduksi tidak hanya VUB Taro di UPBS Lolittungro. Hal ini diharapkan dapat menjadi alat penderasan teknologi yang telah dihasilkan Badan Litbang Pertanian kepada masyarakat lebih massif.

Direncanakan kegiatan panen masih akan berlangsung, dan dilanjutkan dengan persiapan tanam untuk MT. II 2020 yang direncanakan dilaksanakan pada bulan Mei 2020, bertepatan dengan datangnya Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul fitri.