25August2019

top banne

Pelaksaaan Monitoring dan Evaluasi di Lolittungro Tahun 2019

Pelaksanaan monitoring evaluasi merupakan bagian rutin sebagai bentuk kontrol terhadap tujuan yang akan dicpai. Pada minggu pertama bulan Juli 2019 dilaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi serta pemantauan SPI di Loka Penelitian Penyakit Tungro.

Kegiatan Monev dilakukan oleh Pulsitbang Tanaman Pangan yang diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha Ir. Narta Hadiwiyata, M.Si serta Kasubbid Evaluasi Dra. Dyah Pitaloka, M.Si. Subjek monev adalah seluruh kegiatan utama  diantaranya kegiatan penelitian, diseminasi serta pelaksanaan belanja modal tahun 2019. Selain melaksanan kegiatan monev, dilakukan pula pemantauan pengendalian melalui SPI dengan melihat kesesuain data/berkas teruama pada kegaitan kepegawaian serta ketatausahaan.

Berbagai saran yang diberikan oleh evaluator dalam rangka monitoirng serta pemantauan baik kegiatan serta bukti berupa berkas serta laporan, capaian sasaran IKU Lolittungro sampai dengan semester 1 ini menjadi perhatian dari tim evaluator yang datang. “Pengumpulan data capaian Indikator capaian kegiatan tidak harus di akhir tahun, namun juga progresnya harus dipersiapkan dari sekarang” ungkap Narta sebagai saran dalam diskusi yang dilaksanakan di Aula Lolittungro tersebut. “Terutama terkait capaian IKU yang sifatny outcome” menambahkan.

Pelaksanaan monev diawali pemaparan progres kegiatan pelaksanaan anggaran tahun 2019 dari kegaitan-kegiatan utama di Lolittungro, dari mulai realisasi keuangan sampai dengan relaisasi fisik kegiatan serta dilanjutkan peninjauan ke lokasi pelaksanaan kegiatan di lapangan diantarnaya kegiatan penelitian serta belanja modal tahun 2019 yang masih berlangsung.