25August2019

top banne

Menjelang Akhir Tahun, Lolittungro Mendapat Kunjungan Mahasiswa Politeknik

Adalah para mahasiswa/i dari Politeknik Negeri Pangkep pada hari Rabu (05/12) yang berjumlah sekitar 85 orang berkunjung ke Loka Penelitian Penyakit Tungro. Didampingi oleh Dosen maksud kedatangan para mahasiswa adalah untuk mengetahui lebih jauh  pengetahun perihal penyakit tungro.

Kunjungan lapang ini merupakan kunjungan rutin yang dilaksanakan oleh Jurusannya, dimana kali ini disepakati mengunjungi Loka Penelitian Penyakit Tungro. Tamu yang datang diterima alakadarnya di halaman kantor dikarenakan kondisi Ruangan Aula sedang tidak dapat dimanfaatkan fungsinya. Beberapa pejelasan disampaikan oleh Kordinator Jaslit yang juga Peneliti di Lolittungro yaiut Achmad Gunawan.

Bertepatan dengan persiapan tanam di KP. Lanrang dimana kondisi di kebun baru memasuki waktu semai/hambur sehingga kegiatan kunjungan ke lapang tidak dapat dilaksanakan. Namun demikian maksud kedatangan mahasiwa tidaklah sia-sia karena walaupun kondisi pertanaman tidak memungkinkan, pengetahun tungro diperoleh dari para peneliti serta litkayasa yang mendampingi dilakukan di Lokasi Rumah Kaca dan Laboatorium Lolittungro.

Kegiatan kunjungan dilaksankan di rumah kaca serta Laboratorium dibagi kedalam beberapa kelompok untuk memudahkan pengaturan informasi di masing-masing tempat. Didampingi oleh Peneliti dan Litkayasai dari Lolittungro kegiatan kunjungan berjalan dengan baik.

Beberapa hal yang dijelaskan dalam kegiatan kunjungan ke Rumah Kaca diantarnaya menjelakan koleksi tanaman sakit dari beberapa wilayah serta koloni serangga vektor yang dimiliki oleh Lolittungro. Dalam kegiatan tersebut penjelasan dari peneliti pendamping menjelaskan secara umum penyakit tungro selain daripada tanaman sakit itu sendiri. Pada bagian lain, dipraktekan pula teknik penularan serangga vektor wereng hijau dari mulai mulai akuisis sampai inokulasi, serta peralatan yang dipakai. Selain memberikan penjelasan, juga diskusi dilakukan dalam rangkaian penjelasan tersebut.

Kegiatna di Laboratorium diantaranya perkenalan alat serta pemanfaatan laboratorium untuk menunjang penelitian. Para mahasiwa merupakan mahasiwa program studi Budidaya Pertanian mengikuti kegiatan dengan seksama, kegiatan kunjungan berakhir selepas siang serta kembali ke Pangkep yang jaraknya cukup jauh dari Lokasi kunjungan kali ini.