19August2018

banner3
banner2
Banner Slider
banner4

Kegiatan Penelitian Pengendalian Tungro Di Maluku Utara

Sejak satu tahun terakhir, informasi kejadian tungro menyerang lahan petani di daerah Mauku Utara yang ditindaklanjuti dengan mendatangi lokasi serangan dan melaksanakan gerakan pengendalian tungro bersama BPTP Maluku Utara. Pada pertengahan bulan Mei dilaksanakan kegiatan identifikasi virus tungro di Provinsi Maluku Utara (Malut) sebagai tindaklanjut informasi serngan tungro yang terjadi sebelumnya.

Identifikasi virus tungro di Malut merupakan bagian penelitian yang dilaksanakan pada tahun 2018 berupa Pengendalian penyakit tungro berdasarkan virulensi dan patogenisitas virus tungro di daerah endemis tungro.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya identifikasi virus tungro, sejauh mana patogenisitasnya sehingga dapat ditentukan pengendalian yang cocok memanfaatkan varietas tahan.

Kegiatan difokuskan di lapangan dengan mencari koloni wereng hijau asal lokasi endemis tungro, pada kesempatan tersebut dilakukan pula koleksi serangga dan sumber inokulum tanaman yang terkena tungro untuk dikoleksi di Rumah Kaca Lolittungro.

Penelitian lanjutan dilaksanakan di Rumah Kaca Lolittungro dengan mengujikan mareti yang telah dibawa dari lapangan kepada beberapa golongan varieta tahan tungro yang telah ada sebelumnya.

Kegiatan di lapangan diampingi peneliti dari BPTP Maluku Utara, dalam kesempatan tersebut meninjau pula ketersediaan benih tahan tungro (taro) Inpari 36 Lanrang dan Inpari 37 Lanrang  yang sebelumnya telah didesiminasikan kepada petani pada kunjungan sebelumnya telah ditanam dan diperbanyak untuk mengendalikan tungro di Maluku Utara.