19August2018

banner4
banner3
banner2
Banner Slider

Tingkatkan Pengetahuan, 300 Peserta Ikuti Bimtek Inovasi Teknologi

Sebagai bentuk dukungan lembaga penelitian terhadap kegiatan prioritas kementerian Pertanian tahun 2018 yang dicanangkan sebagai tahun perbenihan, Badan Litbang Pertanian melakukan Kegiatan Bimbingan Teknis di Sulawesi Selatan dengan tema Inovasi Teknologi Perbenihan dan Budidaya Tanaman Padi. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Maxone, Makassar  tanggal 24-25 April 2018.

Kegiatan diikuti oleh Petani Padi, Penangkar benih, Penyuluh dan stakeholder lain di Sulawesi Selatan terutama kabupaten sentra padi seperti Pinrang, Sidrap, Wajo, Soppeng, Takalar dan Maros.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Litbang Pertanian tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menambah pengetahuan serta teknologi padi. Dari mulai proses pemproduksi benih padi, sampai dengan teknologi budidaya dan hama penyakit yang menyerang padi.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Besar Tanaman Padi (BB Padi) Dr. Ir. Moh. Ismail Wahab, M.Si didampingi oleh Kepala Lolittungro Dr. Fausiah T. Ladja., M.Si dan BPTP Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Kasi Layanan Pengkajian Andi Faisal, M.Si.

BB Padi selaku lembaga riset telah banyak menghasilkan varietas padi, terbaru adalah Inpari yang saat ini telah mencapai Inpari 43. “Apabila Bapak/Ibu mengenal varietas padi Ciherang, Mekongga adalah hasil dari peneliti BB Padi” dalam sambutannya menyatakan. Kegiatan Bimbign teknis ini dilaksankana sebagai bentuk pemberian pemahaman kepada petani khususnya di Sulawesi Selatan akan teknologi dan Inovasi Padi yang dihasikan BB Padi, sehingga dapat diketahui lebih jauh dan dapat dimanfaatkan dengan baik.

Acara diisi dengan materi tentang perbenihan Padi dan Proses Sertifikasi, pengenalan varietas unggul padi  serta teknologi budidaanya. Selain itu dibahas pula hama dan penyakit utama padi oleh peneliti dari Balai Besar Tanaman Padi. Antusiasme peserta sangat tinggi terlihat dalam diskusi yang berlangsung antara narasumber dengan peserta yang hadir.